Saturday, September 07, 2013

Positive thinking (plus sign)

Positive thinking = berfikiran positif

Hal ini sangat sering kita dengar, bahkan menjadi pembahasan yang biasa di kehidupan sehari hari.
Terdengar sangat mudah namun sulit dilakukan, apalagi jika anda yang tertimpa musibah dan positif thinking adalah hal yang paling terakhir yang ingin kita lakukan.

Saya mulai tergelitik untuk membahas positif thinking dikarenakan salah satu teman lama saya bertanya di facebook,
"Gimana caranya menjadi orang yang positive thinking, kaya saya selalu enjoy life. Ga pernah bete... Hanif penah ga bete?". Entahlah dari mana dia mempunyai ide menanyakan positif thinking kepada saya? Apakah saya selalu positif thinking? Atau saya hanya random people yang bisa menjawab pertanyaan itu. Terus terang. Dengan saya menuliskan ini sayapun sambil mencari jawaban, namun jika anda orang-orang yang tidak percaya dengan Tuhan anda bisa stop membaca sampai disini. Karena apa yang saya akan bahasa adalah sesuatu yang bukan menjadi wacana anda namun bukan juga untuk mendikte anda untuk menjalani hidup anda seperti apa?
So, lanjut?

Kebetulan saya membaca, surat al baqorah
"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan
boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu;
Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.", Al-Baqarah ayat
216
Allah mengetahui tentang perkara yang tersirat dan tersurat. bagi yang dihadapi
...ujian yang diturunkan pasti ada hikmah dibaliknya, jd tetaplah bersabar Allah maha mengetahui.
Disini dijelaskan dengan positif bahwa jika segala sesuatu hal yang tertimpa dengan anda baik hal itu kita sukai atau kita benci itu adalah semua datangannya dengan keridhoan dan ke ikhlasan tuhan dan hanya tuhan lah yang mengetahui bahwa hal itulah yang terbaik buat kita. Semisalnya anda di berikan kesakitan, bearti tuhan memberikan hal ini supaya kita besyukur apabila kita sehat. Apabila kita kehilangan sesuatu, bearti tuhan memberilan cobaan ini jikalau mempunyai barang atau sesuatu diharapkan dapat di pelihara dengan baik.



baru - baru ini sebuah penelitian terhadap pola berfikir kita yang dapat dijelaskan dalam foto dibawah ini;

sumber: psychy.org



dari foto tersebut menjelaskan bahwa jikalau kita berfikir negatif adalah salah satu ciri- ciri sikap depresi yang memikirkan segala sesuatu yang terburuk (tidak akan terjadi), ini biasanya kita hadapi jikalau kita cemas, khawatir dkk. contohnya: jika suami blm pulang khawatir terjadi tabrakan ternyata tidak.

lain halnya jika suatu peristiwa di masa depan, seperti menerima bonus di tempat kerja, atau mencari pekerjaan baru. Sebuah asumsi yang realistis akan suatu tempat di kisaran netral, bahwa setidaknya kemungkinan peristiwa yang terjadi adalah sebagai kemungkinan sebagai kemungkinan bahwa hal itu tidak terjadi.

nah jika sikap realitis ditambah dengan keyakinan maka akan menghasilkan sikap positif . dari hal hal yang anda impikan atau idamkan dengan sikap positif semua akan terjadi maka hal tersebut akan terjadi.

mmm masuk akal sih, namun apakah akan sangat mudah dilakukan? belum tentu sangat mudah, sikap sikap yang akan kita lakukan itu akan terhambat dari sikap sikap yang dilakukan oleh orang orang disekeliling kita terutama orang2 terdekat seperti teman dekat, pacar, keluarga atau pasangan hidup anda. jika mereka memberikan sikap negatif maka anda pun akan sedikitnya terpengaruhi oleh hal itu.

jika kembali lagi pada pertanyaan teman lama saya, " bagaimana menjadi orang yang berfikiran positif?"
saya akan jawab ; Percayalah pada Allah SWT yang Maha pengasih dan Maha penyayang. 
jika kita masih miskin percayalah Allah akan memberikan kita jalan menjadi kaya. yang masih belum mendapatkan Jodoh percayakanlah bahwa Allah akan memberikan kita selalu yang terbaik buat menjadikan pasangan hidup kita dan seterusnya. 
jawaban yang klise memang, namun saya rasa inilah jawaban terbaik yang saya dapat sekarang.

terimakasih sudah sempat membaca notes saya (geer), walau saya liat 2 notes terakhir cuman ada 1 2 orang yang baca.. hahahaha....
mudah2an bermanfaat.
amien. 


ps: *comment dan saran dipersilahkan cacian makian silahkan dipendam saja... 



No comments: